"Cintailah orang yang kamu cintai, maka sesungguhnya kamu akan berpisah dengannya.
Hiduplah menurut apa yang kamu kehendaki, maka sesungguhnya kamu akan mati.
Dan berbuatlah menurut apa yang kamu kehendaki, maka sesungguhnya kamu akan dibalas."

Berita Hots

Jumat, 02 September 2022

Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar di Madrasah


Anak terlahir dan tumbuh besar serta berkembang dengan teknologi digital sering kali diistilahkan sebagai generation native atau net generations. Anak jaman yang terlahir dengan teknologi digital yang penuh pernak pernik yang memanjakan penggunanya. Sudah ada tanda sejak dini bahwa anak yang terlahir dizaman ini harus ditangani sesuai kebutuhan dan perkembangan zamannya, jika tidak akan berakibat fatal karena kemungkinan anak tersebut tidak tertarik dengan apa yang dipaparkan seorang pengajar yang dirasanya kurang menarik ketimbang alat yang sering mereka mainkan, misalnya smartphon atau handphone. Ditambah lagi dengan kehadiran teknologi komunikasi dengan fasilitas internet, dimana memungkinkan memperoleh informasi yang lebih menarik dan lebih luas. Internet sebuah loncatan kecanggihan teknologi yang mencengangkan, karena jangkauannya sangat luas seakan tanpa dibatasi tempat dan waktu. 

Oleh karena itulah, sangat perlu dipertimbangkan untuk mengtransformasi teknologi internet ini kedalam sistem pembelajaran di madrasah. Dijadikan sebagai bagian media pembelajaran yang memungkinkan peserta didik memperoleh informasi ilmu pengetahuan yang mendalam dan sangat luas. Sudah pasti, krakteristik internet apabila diintegrasikan kedalam dan menjadi bagian vital media pembelajaran diyakini peserta didik suatu madrasah akan lebih berkembang, memperoleh informasi yang luas dan beragam, dengan alasan itulah internet sangat diperlukan di madrasah dengan jaringan indohome dengan kecepatan 50-100 mbps. Karena fasilitas internet yang standar kecepatan itu, maka ketika digunakan mempresentasekan bahan pembelajaran dapat menampilakan teks, grafik, video dan juga audio secara bersamaan, lebih baik dan sempurna.

Kenapa perlu fasilitas internet? Sebab dengan fasilitas itulah seorang peserta didik dapat menjangkau kebutuhan bahan pelajaran dimana saja tanpa dibatasi waktu dan tempat atau lokasi. Walaupun dalam menampilkan media pembelajaran tidak sebaik dan sejernih gambar kalau dibandingkan dengan videotape, TV ataupun CD-ROM yang dimainkan secara langsung, analog atau manual, tetapi itu sudah cukup memuaskan para penggunanya.  Sekalipun tidak sebaik seperti telepon ataupun video konferensi, tetapi internet sudah mampu berinteraksi secara real time dengan beberapa penggunanya secara bersamaan. Dan walau tidak selengkap buku atau majalah, tetapi internet sudah dapat memberikan informasi secara tekstual dengan visual terbaik.

Media internet adalah fasilitas yang bermuatang teknologi yang sangat dibutuhkan saat sekarang. Karena dapat mengkombinasikan lebih banyak media secara bersamaan, bahkan penyampaiannya lebih menarik pula seperti menampilkan vidio dan suara lebih baik dari buku, dan lebih interaktif dari vidiotife serta lebih baik dari tampilan CD-ROM.  Media internet juga dapat menghubungkan dan berinteraksi dalam waktu bersamaan dengan mudah dan cepat tanpa perlu duduk dalam tempat yang sama. Selain itu internet dapat menjadi media penyampaian informasi, tetapi juga dapat sebagai content provider. Oleh sebab itu, internet dapat menjadi sumber informasi terbesar dan beragam sampai masa ini.

Dan apabila ingin mengintegrasikan dengan materi pelajaran yang perlu dipahami adalah penyusunan konsep dengan menyatukannya dengan beberapa kombinasi dan beberapa elemen, antara lain: (1) textual material; (2) simulation models; (3) exercises; (4) problems; (5) feedback information, etc. Yang setiap materi yang akan disampaikan harus dibuat secara variatif atau beragam, dan menarik. Kemudian materi yang akan disampaikan kepada peserta didik harus lengkap dan cermat. Setelah itu maka seorang tenaga pendidik dapat melihat sejauhmana respek peserta didik terhadap informasi yang disampaikan melalui media pembelajaran tersebut. Selain itu pula, perlu diperhatikan support keingin tahuan peserta didik dalam menerima dan memahami intruksi yang telah diharapkan seorang pengajar.

Dalam proses belajar mengajar dengan fasilitas internet ada beberapa yang harus diperhatikan, sebagai berikut:

  • Information servers (manual, buku, expositions, bibliographies, programs, dll.)
  • Distribusi materi pendidikan (texts, programs)
  • Kurikulum, bimbingan pelajaran dan latihan dalam bentuk hypertext format
  • Implementasi collaborative work (dynamic hypertext, conferencing system, co-writing)
  • Question & Answering
  • Antarmuka ke lokal klien (simulasi, programming environments, tutors, dll.)

Dalam mendesai lingkungan belajar di madrasah, sebenarnya kita bangung suatu lingkungan untuk bersinergi dan berkomunikasi dua arah antara guru dengan peserta didik, antara para peserta didik, dalam proses belajar mengajar atau dalam mempresentasikan suatu sumber materi yang dibutuhkan madrasah. Membangun dan membentuk sinergitas sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Sementara komunikasi pun harus menjadi perhatian utama, apalagi yang terkait dengan fasilitas yang perlu disiapkan oleh suatu madrasah. Komunikasi dapat dilakukan melalui videoconference, email, chatting, ataupun melalui telepon. Hal lain yang penting adalah membangun situs dan mendesain web, email yang digunakan untuk kepentingan proses belajar di madrasah, yang merupakan bagian terpenting untuk menciptakan lingkungan belajar yang mandiri dan dengan profesional. Dalam hal penyelenggaraan pendidikan madrasah dapat pula menggunakan desain proses yang dilakukan dan mengikuti dengan cara konvensional seperti berikut:

  • Menentukan karakteristik group-group pelajar.
  • Spesifikasi keinginan pelajar atau peserta didik.
  • Identifikasi subyek materi dan aktivitas penilaian.
  • Menentukan strategi pengajaran baik dalam kelas maupun dalam kaitannya dengan ekstrakurikuler.
  • Desain sumber materi dan strategi komunikasi yang digunakan yang akan digunakan di madrasah.
  • Implementasi percontohan desain sebagai bentuk percontohan dan dicobakan bagi peserta didik.
  • Peninjauan dan validasi kembali desain yang sudah direncanakan sebelumnya.
  • Install and deliver terkait software yang akan digunakan.
  • Monitor and review

Dapat dialakukan sebagai bagian dari program tersebut dengan cara mengimplementasikan suatu contoh penerapannya dalam bidang studi seni. Walaupun misalnya seni sekarang dalam kurikulum 2013 dikelompokkan dalam mata pelajaran prakarya. Dan disini internet menjadi media menjadi bagian penting dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan skill peserta didik, dalam menyerap ilmu melalui internet sebagai bagian proses belajar. Dan selanjutnya, seorang peserta didik kemudian dapat mempublikasikan hasil karya seninya melalui web madrasah. Sebagai madrasah yang masih memikirkan pengembangannya, muking lebih awal untuk mengamati perkembangan situs -situs di internet yang ada berhubungannya dengan karya seni dan budaya, sebagai bagian proses belajar yang dapat dijadikan bahan untuk belajar dan pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates