"Cintailah orang yang kamu cintai, maka sesungguhnya kamu akan berpisah dengannya.
Hiduplah menurut apa yang kamu kehendaki, maka sesungguhnya kamu akan mati.
Dan berbuatlah menurut apa yang kamu kehendaki, maka sesungguhnya kamu akan dibalas."

Berita Hots

Senin, 29 Agustus 2022

Maksud, Tujuan dan Kelas Digital

Pada dasarnya Kelas digital adalah merupakan suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi modern. Yang merupakan terobosan baru bagi MTsN Bantaeng untuk membuat langkah dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin cepat. Dan salah satu upaya untuk menghadapi perkekembangan tersebut dengan membuat kelas digital.  Sebuah Ruang Kelas belajar namun yang berbeda dengan Ruang Kelas pada umumnya, yaitu perangkat atau fasilitas yang digunakan dalam Kelas Digital ini, adalah Perangkat-perangkat Teknologi Informasi yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM), serta diharap dapat menjangkau sumber informasi lebih banyak dan lebih luas.

Kelas digital dimungkinkan peserta didik belajar tanpa berhadapan dengan guru mapel pada jam pembelajaran, karena pada hakekatnya tujuan yang diharapkan dalam kelas digital agar peserta didik dalam proses KBM tidak dibatasi oleh ruang dan tempat.

Selain tersebut diatas, kelas digital pada MTsN Bantaeng dibangun dengan maksud agar seorang guru dan peserta didik mampu menggunakan media digital dalam pembelajaran dengan mobile learning, yang merupakan media pembelajaran yang sangat populer di era pendidikan abad-21 ini.

  • Dalam kelas digital guru harus mampu mengaplikasikan media elektronik sebagai bagian terpenting dalam proses pembelajaran.
  • dalam kelas digital guru harus mempersiapan materi presentasi mapel yang diampuhnya dengan baik, simple, sistematik, dan mudah dipahami oleh peserta didik. Dan guru harus mampu membuat slade dalam bentuk Power Point (*.PPT)
  • Seorang guru harus mampu membuat dokumen digital berupa file buku pelajar yang terkait langsung dengan mapel yang diampuhnya, maupun file-file yang merupakan bagian pendukung materi yang sedang dibawakan seorang guru. Misalnya membuat dokumen buku mapel tertentu dengan bentuk file Portable Documen File (PDF). Membuat soal latihan dalam bentuk file PDF.
  • Juga dalam kalas digital ini seorang peserta didik dimaksud harus mempu belajar dengan memperhatikan secara detail apa yang di presentasikan guru melalui slade yang ditampilkan melalui layar TV Smart yang ada.
  • Seorang peserta didik dimaksudkan harus mampu membuat tugas-tugas atau dokumen yang merupakan tugas harian atau pun tugas lainnya mampu membuat dalam bentuk file PDF. Dan juga mengirimkannya melalui media digital elektorik seperti melalui google class room, atau melalui WA ke guru pengajar.
  • Seorang guru dan peserta didik berkolaborasi dalam kelas digital dengan memaksimalkan penggunaan alat elektronik yang telah disiapkan oleh madrasah atau peralatan lain yang dimilikinya jika memungkinkan.
  • Dalam kelas digital diharapkan agar lebih dikembangkan media dalam bentuk Vidio Pembelajaran secara mandiri. Baik guru maupun peserta didik diharapkan mampu mengolah dan membuat vidio dalam bentuk materi ajar dan vidio dalam bentuk tugas mandiri peserta didik.

Sebagaimana telah diketahui bahwa pembelajaran pada kelas digital tujuannya adalah untuk membantu peserta didik agar mudah memahami materi pembelajaran. Selain itu diharapkan proses pembelajarannya berjalan dengan lebih menyenangkan. Sebaliknya dalam pembelajaran kelas digital memudahkan guru pengampuh mapel menyajikan materi-materinya, juga memudahkan guru yang melek teknologi, mengevaluasi hasil capaian peserta didik juga memudahkan memantau kehadiran peserta didik dalam pembelajaran tatap muka di kelas.

Dihadirkannya kelas digital di MTsN Bantaeng, bertujuan untuk memudahkan guru-guru dalam mentrasfer ilmunya dengan menggunakan bantuan teknologi yang sudah menggandrungi kehidupan peserta didik zaman sekarang. Disetujui atau pun tidak, pesatnya kemajuan tekhnologi banyak mengubah perilaku anak-anak didik kita, yang lebih cendrung untuk berlama-lama berselancar dengan smartphone-nya daripada membaca buku-buku cetak di ruang baca perpustakaan yang bersifat konvensional. Sehingga seorang guru harus mampu mentransfer ilmunya secara berlahan melalui tekhnologi tanpa membuang banyak energi untuk menjauhkan anak daripada kehidupan dan kenikmatan ber-IT yang sedang menjeratnya.

Adapun dari aspek manfaatnya, dengan menggunakan sistem digital, bahan ajar guru lebih mudah didesain sepanjang mempunyai sedikit kemampuan membuat slade power point. Selain itu banyak keunggulan lain, misalnya dengan menampilkan vidio pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran kita, baik yang dibuat sendiri oleh seorang guru, maupun vidio yang sudah dibuat oleh rekan-rekan guru yang di share di internat (youtube). Selain itu pula, dengan sangat mudah kita bisa mencopy-paste tugas harian yang diberikan kepada peserta didik, serta bahan ajar yang kita buat dengan media digital dapat direkam atau disimpan dalam media penyimpanan yang lebih aman dan tidak ribet.

Dengan memahami tujuan dan manfaat suatu sistem pembelajaran digital kitapun dapat menyakini bahwa kehadiran kelas digital di MTsN Bantaeng sangat diperlukan dan di idamkan oleh setiap pemangkuh kepentingan, baik guru, peserta didik maupun orang tua peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates